Cara Upload File & Folder ke Google Drive

  • Azzar
  • Nov 09, 2022

Menurut kamu di mana tempat paling aman dan paling dipercaya untuk simpan rahasia? Jawabannya berada di orang mati. Ya, simpan rahasia ke orang mati tidak kemungkinan ada penghianatan. Tetapi bagaimana jika simpan data digital, di mana tempat paling aman?

Bukan computer, bukan juga ponsel dan tidak flashdisk atau CD. Tetapi berada di internet. Kenapa? Karena dibandingkan dengan tempat simpan data digital lainnya, menyimpanya di internet lebih aman dari kerusakan. Kamupun dapat mengaksesnya dimanapun serta kapan pun sepanjang ada akses internet. Salah satunya area untuk menyimpan data digital itu namanya Google Drive.

Kelewatan sekali jika kamu sebagai angkatan millenia jika tidak tahu apakah itu Google Drive. Baca saja tulisan saya: Pemahaman Dan Peranan Google Drive. Saya di sini tidak menerangkanya, karena saya akan membuat kamu sedkit semakin maju. Di sini, saya akan bagi bagaimana triknya upload file dan folder di Google Drive.

Simpan Data Digital di Google Drive

Google drive sediakan ruangan jagat maya dengan gratis ke beberapa pemakainya. Setiap pemakai memperoleh ruangan capai 15GB per satu account untuk diisi data digital.

Tipe datanya dapat berbentuk file text seperti PDF, exel, doc, dan lainnya. Dapat juga berbentuk program seperti aplikasi, exe dan sebagainya atau dapat juga Audio dan Video dengan formast 3gp, MP4, MKV, MP3, WebMV dan lain-lain.

Dengan ini, kamu dapat simpan bermacam file, video dan foto masa lalu dan beberapa karya berbentuk document kamu. Ketentuannya cuma mempunyai account di Google Drive saja. Ruangan ini bisa juga ditambah lagi cara beli dari faksi Google. Dari sisi harga, jelas akan lebih murah jika dibanding dengan iCloud punya Apple.

Cara Upload File ke Google Drive secara mudah

Cara memakai ruangan gratis yang disiapkan oleh Google Drive untuk beberapa pemakai simpan data digital di cloud sangat mudah. Yang penting kamu kerjakan cuma ikuti tutorial yang saya beri mengenai cara upload file ke Google Drive di bawah ini.

– Pastikanlah kamu sudah mempunyai account google mail. Ini ialah persyaratan mutlak. Karena service hosting gratis sejumlah 15GB di Google Drive cuma dapat dicicipi yang punyai account saja. Bila kebingungan masalah bagaimana cara membuat account gmail, silahkan baca: Cara Membuat E-mail
– Bukan browser dan masuk ke Google Drive dengan cara menuliskan URL berikut atau click saja alamat http://drive.google.com
– Seterusnya click Datangi Google Drive seperti gambar berikut ini
– Silahkan masuk dengan account Gmail kamu. Awali dengan masukan alamat Gmail, lalu click selanjutnya.
– Teruskan dengan masukan sandi dan click selanjutnya.
– Kamu langsung akan masuk ke halaman muka Google Drive punyamu. Untuk simpan file di Google Drive mulai dengan click New yang ada di sudut atas kiri. Saksikan gambar berikut ini.
– Kamu akan menyaksikan beberapa opsi, satu diantaranya ialah Upload File. Tersebut yang perlu kamu click.
– Selanjutnya kamu akan diarahkan ke file explorer, silahkan kamu mencari file yang ingin kamu upload. Lantas click Open. Tunggu hingga proses upload file usai. ini kali saya coba upload file video trailer Attack on Titan Season 3. Ini adalah anime kegemaranku. Khususnya tindakan yang diperlihatkanya.
Untuk menyaksikan file yang barusan kamu upload, kamu dapat click Recent. Sebagai faktanya, kamu dapat saksikan video trailer Attack on Titan Season 3 telah berada di Google Drive saya.

Nach gampangkan. Seterusnya tinggal kamu saja, ingin kamu apakan file yang sudah kamu upload. Apa sekedar kamu taruh atau kamu bagi dengan rekan kamu. Untuk membagikannya, kamu tinggal bagi url-nya saja.

Cara Upload Folder ke Google Drive

Selainnya upload file, kamu bisa juga upload folder. Kelebihanya, kamu dapat membuat file yang disimpan menjadi lebih rapi. Karena berada pada sebuah folder . Maka filenya tidak terpecah-pecah dan gampang mengordinasikanya. Untuk triknya, berikut saya terangkan:

– Mulai dengan masuk ke http://drive.google.com. Teruskan dengan login memakai account gmail seperti cara yang sudah saya terangkan di bagian nomor 1 s/d 5 pada bagian subjudul Cara Upload File ke Google Drive secara mudah.
– Kemudian, click New yang berada pada bagian atas kiri, silahkan saksikan gambar berikut ini.
– Kamu akan menyaksikan beberapa opsi, satu diantaranya Upload Folder. Silahkan click kata itu.
– Seterusnya kamu akan ditujukan ke media penyimpanan computer kamu. Silahkan kamu mencari folder yang ingin kamu upload ke Google Drive lalu click OK apabila sudah tentukan. Untuk ini kali, saya mau mencoba upload folder Video yang berada di sisi unduh penyimpanan computer saja. kebenaran didalamnya cuma ada satu video. Yaitu video trailer Attack On Titan Season 3.
– Seterusnya tinggal nantikan saja sampai proses upload usai. Baru kemudian dapat kamu saksikan hasilnya.

Nach tersebut cara upload file dan folder ke Google Drive. Benar-benar gampang kan? Kamu dapat memakai cara di atas baik di netbook atau di ponsel. Ke-2 nya sama gampang kamu kerjakan. Bila kamu perlu ruangan tambahan, silahkan kerjakan pembelian saja. Yang jelas, penyimpanan berdasar awan itu benar-benar berguna dan aman.

Bila masih tetap ada yang penting dibicarakan atau kamu kebingungan bagaimana cara melakukanya, silahkan tuliskan pada kolom komentar. Saya akan menjawab buat kamu.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *