Cara Membuat Puisi Untuk Lomba yang Baik dan Benar

  • Azzar
  • Okt 17, 2022

Cara membuat puisi untuk lomba – Apa kamu pernah membuat puisi? Pasti pernah ‘kan? Baik itu pekerjaan sekolah atau cuma hoby kalian saja. Sesudah ketahui pemahaman dan elemen pembangun puisi, saat ini kita akan mengulas bagaimana beberapa langkah membuat puisi.

Kemungkinan banyak yang berpikir jika kelihatannya membuat puisi itu gampang, tetapi pada kenyataannya banyak yang harus jadi perhatian supaya puisi tersebut menarik saat dibaca dan gampang dimengerti oleh pembaca. Lantas, bagaimana cara membuat puisi untuk lomba yang baik dan benar? Yok, kita dalami.

1. Tetapkan Topik dan Judul

Pertama, pilih satu topik yang kita harapkan sebagai referensi dalam membuat puisi supaya puisi kita makin menarik. Topik puisi ada banyak.

Maka sedapat mungkin pilih topik yang betul-betul menarik. Sesudah tentukan topik, cara setelah itu tentukan judul yang berlomba pada topik. Misalkan saja kita tentukan topiknya, yakni kesetiaan.

2. Tentukan Kata Kunci

Sesudah tentukan topik, beberapa langkah menulis puisi setelah itu tentukan keyword dan selanjutnya meningkatkan kata itu.

Bila kamu sudah mendapati topik, misalkan barusan kesetiaan, karena itu setelah itu mendapati keyword yang terkait dengan keabadian itu.

Jika sudah dirasakan cukup untuk mengawali membuat puisi, karena itu kamu tinggal memikulgkannya dalam sebuah kalimat atau larik puisi.

Misalkan satu keyword dipakai untuk satu larik. Atau mungkin saja, satu keyword selanjutnya diperkembangkan jadi satu bait.

3. Memakai Style Bahasa

Cara menulis puisi setelah itu dengan memakai tata bahasa. Satu diantaranya dengan majas misalkan majas perbedaan atau majas metafora misalkan.

4. Bangun Puisi Seindah Kemungkinan

Setelah itu meningkatkan semua cara di atas jadi puisi yang cantik. Atur kalimat, larik-larik puisi jadi bait-bait. Bangunlah jadi satu puisi yang utuh dan memiliki makna. Kamu harus ingat jika puisi bukan sebuah artikel. Tulisan yang kamu bikin untuk puisi harus singkat, padat, sekalian cantik. Pilih kata yang sama sesuai yang sebagai wakil elemen keelokan sekalian arti yang padat.

Ingat-ingatlah tiga hal yang terkait dalam kata dan larik saat menulis puisi, yakni:

Kata ialah unit serangkaian bunyi yang ritmis atau cantik, atau yang merdu
• Arti kata dapat memunculkan banyak tafsiran
• Memiliki kandungan khayalan dalam mengenai hal yang dibahas

Nach, sesudah ikuti beberapa langkah membuat puisi barusan, karena itu berikut puisi yang bisa dibuat selaku contohnya.

Pada Satu Hari Kelak

Di suatu hari kelak
Jasadku tidak akan ada
Tetapi dalam bait-bait sajak ini
Kau tidak akan kurelakan sendiri

Di suatu hari kelak
Suaraku tidak kedengar kembali
Tetapi antara larik-larik sajak ini
Kau tetap kusiasati

Di suatu hari kelak
Mimpiku juga tidak dikenali kembali
Tetapi di antara huruf sajak ini
Kau tidak akan letih-letihnya kucari

Penutup

Nach tersebut cara membuat puisi untuk lomba yang baik dan benar, mudah-mudahan info di atas berguna untuk kamu semua.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *