Cara Membuat Proposal 17 Agustus dan Contohnya

  • Azzar
  • Okt 17, 2022

Cara membuat proposal 17 agustus – Biasanya proposal aktivitas acara dipakai jika ingin ajukan satu permintaan seperti permintaan dana atau sponsor (support) saat akan mengadakan satu aktivitas acara. Aktivitas acara yang umum dilaksanakan salah satunya seperti aktivitas universitas, sekolah, dusun atau bahkan juga aktivitas bagiangan dana dan lain-lain.

Proposal aktivitas acara sebagai terhitung ke surat sah yang disodorkan saat sebelum diselenggarakan sebuah aktivitas acara itu. Proposal itu nanti akan dikasih ke beberapa orang yang mempunyai peran penting pada kelancaran acara. Seperti contohnya, proposal aktivitas acara sekolah karena itu proposal harus dikasih ke Kepala Sekolah yang berperanan utama di sekolah.

Arah dari diberikan proposal aktivitas acara itu ke kepala sekolah supaya kepala sekolah dan beberapa staff ketahui semua aktivitas acara itu. Sebagai point utama dalam membuat proposal aktivitas acara yakni dengan harus mengikutkan kop surat pada proposal itu agar meyakinan beberapa yang menerima proposal.

Untuk anda yang hendak melangsungkan satu acara, saat sebelum anda ketahui cara membuat proposal 17 agustus itu sebaiknya memahami apasih yang diartikan dengan proposal aktivitas itu sebetulnya? Yok, baca penjelsanan dari artikel di bawah ini.

Apa Itu Proposal Aktivitas Acara ?

Tahukah anda, proposal sebagai satu perancangan yang buat berwujud tulisan secara struktural dan terinci untuk aktivitas acara yang hendak diadakan. Arah dari pembikinan proposal aktivitas acara yakni supaya bisa memperoleh kesepakatan dari faksi yang memiliki kepentingan pada acara untuk dibawa bekerja bersama memperlancar aktivitas acara.

Disamping itu, pengajuan proposal dapat dipakai sebagai proposal pengajuan permintaan dana kontribusi yang nanti faksi berkaitan akan bekerja bersama dengan pelaksana acara dengan memberi kontribusi dana.
Bila makna yang lain, proposal aktivitas acara bisa juga disebutkan sebagai satu rencana formasi aktivitas acara yang telah terencana berbentuk tulisan.

Arah dari formasi aktivitas acara harus terang agar faksi dari yang menerima proposal itu bisa pahami isi dan tujuan dan maksud dari proposal yang disodorkan.

Dalam masalah ini, yang diartikan dengan faksi yang memiliki kepentingan pada acara itu yakni pribadi atau barisan (perusahaan) yang hendak memberikan ijin untuk lakukan acara atau memberi bantuan dana pada faksi yang ajukan proposal aktivitas acara itu.

Beberapa bagian yang Ada Pada Proposal Aktivitas

Saat sebelum pahami bagaimana cara membuat proposal 17 agustus itu, hal yang terpenting ialah ketahui apa sebagai beberapa bagian dari proposal aktivitas tersebut. Beberapa bagian proposal aktivitas salah satunya yaitu; judul, pendahuluan, dasar aktivitas, arah aktivitas, nama aktivitas, waktu dan tempat peristiwa, formasi cara, formasi panitia, bujet dana, dan tambahan.

Agar semakin pahaminya, berikut cara membuat proposal 17 agustus aktivitas acara yang bagus dan betul supaya sang yang menerima proposal bisa pahami apakah yang dimaksud dari proposal itu hingga dapat memperoleh kesepakatan.

Cara Membuat Proposal 17 Agustus

1. Judul Proposal

Bikinlah judul proposal yang memikat hingga beberapa faksi yang berkaitan dapat berminat untuk menyumbang seluruh dananya untuk aktivitas acara yang hendak diadakan. Tetapi, judul yang anda sertakan pada proposal harus tetap sesuai aktivitas acara itu.

2. Pendahuluan

Di bagian pendahuluan ada sub bab simpatisan yakni background aktivitas dan arah aktivitas. Background sebagai argumen dasar mengapa aktivitas itu perlu untuk diadakan.Dan arah aktivitas adalah dari hasil aktivitas acara yang diharap.

3. Isi Proposal Aktivitas

Sisi paling penting dari proposal aktivitas yakni berisi topik aktivitas, beberapa macam aktivitas, peserta yang turut serta dalam acara, perlengkapan yang diperlukan, waktu dan tempat aktivitas, daftar acara, formasi kepanitian, bujet prediksi dana yang diperlukan sepanjang berjalannya acara itu.

4. Penutup

Seperti proposal secara umum, untuk proposal aktivitas dipertambah sisi penutup yang berisi keinginan dan support yang diberi pada pihak berkaitan.

Contoh Proposal Aktivitas Acara

Sesudah ketahui pengertian dari Proposal Aktivitas Acara, Seterusnya anda harus ketahui mengenai contoh proposal aktivitas acara :

PROPOSAL
KEGIATAN ACARA PENTAS SENI (PENSI) DALAM RANGKA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMA NEGERI 1 GUNUNG TALANG TH. 2019

I. PENDAHULUAN

Latar Belakang

Acara Panggung Seni atau kerap dikenal juga dengan PENSI adalah pergelaran seni yang tampilkan beberapa tindakan dari pribadi ataupunberkelompok. Acara diselenggarakan oleh OSIS SMAN 1 Gunung Talang dan diperuntukkan untuk pelajar-siswi SMA Negeri 1 Gunung Talang. Arah dari acara itu adalah untuk memberi ruangdan waktu untuk pelajar-siswiyang ingin ekspresikan dianya dan mengexplore rasa keyakinan diri. Selain itu, aktivitas acara panggung seni diselenggarakan dalam rencana perpisahan untuk pelajar kelas XIISMAN 1 Gunung Talang. Oleh karena itu, perlu untuk diselenggarakan aktivitas acara ini.

Arah Aktivitas

Arah terlaksananya aktivitas acara ini salah satunya seperti berikut:

1. Bisa perkuat tali bersilahturahmi di antara pelajar SMAN 1 Gunung Talang.
2. Memberi ruangan dan waktu ke beberapa pelajar dalam meningkatkan talenta mereka.
3. Sebagai lokasi hiburan.

II. ISI PROPOSAL

Topik Aktivitas

Topik pada aktivitas acara ini yakni “EKSPRESIKAN BAKATMU!” yang hendak memberi peluang ke pelajar SMA SMAN 1 Gunung Talang supaya berani untuk ekspresikan talenta terkuburnya masing-masing dipanggung acara.

Macam-Macam Aktivitas

Bermacam aktivitas acara yang hendak diselenggarakan yakni seperti berikut:

1. Panggung Sinetron
2. Dance
3. Menyanyi
4. Peserta Aktivitas

Peserta dari aktivitas

Acara panggung senimerupakan perwakilan dari tiap kelas Xyang dapat ikuti ini, XI, XII SMA SMAN 1 Gunung Talang.

Perlengkapan yang Diperlukan

1. Tenda
2. Baju
3. Banner
4. Pentas
5. Microphone dan sound sistem

Tempatdan Waktu Aktivitas acara

Adapun untuk tempat danwaktu penerapan dari aktivitas acara panggung seni salah satunya seperti berikut:

1. Panggung Sinetron
Tanggal : Minggu, 15 desember 2019
Waktu : 08.00 WIB sampai denganselesai
Tempat : Lapangan Basket SMAN 1 Gunung Talang
2. Dance
Tanggal : Minggu, 15 desember 2019
Waktu : 09.30 WIB sampai denganselesai
Tempat : Aula SMAN 1 Gunung Talang
3. Menyanyi
Tanggal : Minggu, 15 desember 2019
Waktu : 10.00 WIB s/d usai
Tempat : Pentas Panggung Seni, SMAN 1 Gunung Talang
Formasi Acara

Bujet Dana

Agar bisa diselenggarakannya aktivitas acara Panggung Seni (PENSI) SMAN 1 Gunung Talang secara baik, karena itu ada banyak bujet dana yang didapatkan atau yang dikeluarkan :

Penghasilan Aktivitas

1. Dana Keterlibatan Pelajar SMAN 1 Gunung Talang: Rp 3.000.000
2. Kas Sekolah : Rp 1.500.000
3. Dana Sponsor A : Rp 750.000
4. Dana Sponsor B : Rp 15.000.000

Ongkos Pengeluaran

1. Sewa Pentas dan Sound Sistem : Rp 2.000.000
2. Sewa Band Bintang Tamu “J-Rock” : Rp 10.000.000
3. Sewa Alat Musik : Rp 1.500.000
4. Banner : Rp 700.000
5. Konsumsi : Rp 1000.000
6. Lainnya : Rp 200.000

III. PENUTUP

Demikianproposal aktivitas acara panggung seni dibuat. Kami berharappartisipasi dan support dari faksi sekolah. Mudah-mudahan aktivitas acaraPentas Seni (PENSI) SMAN 1 Gunung Talangdapat berjalan baik dan terwujud sama seperti yang kita harap. Atas perhatian sertakerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

PROPOSAL
KEGIATAN ACARA PENTAS SENI (PENSI) DALAM RANGKA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMA NEGERI 1 GUNUNG TALANG TH. 2019

 

Ditetapkan di :
Solok, 09Desember 2019
Ketahui,

Ketua Panitia Ketua OSIS
Gevin Prasetya Farellia Rizki Amanda
Kepala Sekolah
Drs. Yong Fernandes

Faedah Proposal Aktivitas

Yakni proposal yang dipakai untuk ajukan sebuah aktivitas baik pribadi atau barisan. Referensi, saran, ide dan gagasan yang ada pada proposal ini berisikan mengenai aktivitas yang hendak dilaksanakan. Proposal aktivitas bisa berperan untuk melangsungkan acara seminar, dialog, training dll. Sebagai contoh, proposal aktivitas panggung seni budaya. Adapun faedah dari pembikinan proposal aktivitas diantaranya :

1. Sebagai gagasan yang bisa arahkan panitia aktivitas dalam melakukan aktivitas itu
2. Sebagai referensi info beberapa pihak yang memiliki kepentingan dalam aktivitas itu
3. Otomatis, sebagai bahan yang bisa menerangkan pada beberapa pihak yang ingin ketahui aktivitas itu
4. Memberi keringanan untuk pelaksana untuk memperoleh support
5. Meyakinkan beberapa sponsor yang bisa memberi support secara material atau keuangan untuk merealisasikan aktivitas sesuai gagasan.

Arah Pembikinan Proposal

Sesudah membaca beberapa pemahaman proposal di atas, kemungkinan ada antara Anda yang ingin ketahui apa peranan dari pembikinan satu proposal. Apa cuma untuk minta kontribusi atau ijin saja? Arah dari pengaturan proposal akan terkait dengan sektor yang diartikan. Salah satunya ialah :

1. Untuk menerangkan otomatis berkaitan program kerja atau gagasan.
2. Untuk dijadikan referensi pada proses membuat satu aktivitas.
3. Untuk memberikan keyakinan donatur atau faksi pembaca yang hendak jadi sponsor atau client supaya siap memberi kontribusi.
Untuk capai arah sama seperti yang sudah disetujui bersama.
4. Dijadikan referensi atas satu persetujuan awalnya.

Penutup

Nach, itu lah keterangan berkenaan apasih yang diartikan dengan proposal aktivitas acara. Seperti yang bisa kita simpulkan dari keterangan barusan di atas jika proposal dapat disimpulkan sebagai satu perancangan secara tercatat berkenaan permintaan atau pengajuan dan penawaran pada gagasan, ide atau gagasan pada pihak yang lain supaya bisa memperoleh ijin dan support untuk melakukan acara itu.

Maka dari itu kita harus memerhatikan secara benar apa proposal yang dibikin telah selaras ataukah belum. Untuk contoh dari aktivitas acara bisa disaksikan bagaimana cara membuat proposal aktivitas acara yang bagus dan betul supaya acara yang ingin anda kerjakan dapat memperoleh respoin yang bagus dan support sama seperti yang diharap.

Demikian artikel cara membuat proposal 17 agustus dan contoh untuk aktivitas acara, mudah-mudahan dapat berguna untuk anda yang masih bimbang bila ingin ajukan proposal yang betul. Selamat Coba!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *