Cara Membuat Pidato Singkat Tentang Pendidikan

  • Azzar
  • Okt 21, 2022

Cara membuat pidato singkat tentang pendidikan – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato ialah pengungkapan pemikiran berbentuk kalimat yang diperuntukkan ke banyak orang atau wawasan yang dipersiapkan untuk diucap di muka publik. Disamping itu, pidato dapat disimpulkan proses pengutaraan dan penanaman pemikiran, info, atau ide dari pembicara ke masyarakat luas.

Mencuplik buku “Bahasa Indonesia untuk SMA/MA” oleh Andi Prasetiyo dan Natalia Sri Sulanjari, arah pidato bisa dikelompokkan jadi tiga, yakni:

• Memberitahu suatu hal ke pendengar (instruktif).
• Melipur atau membahagiakan pendengar (rekreatif).
• Mempengaruhi pendengar (persuasif).

Peran pidato dalam sampaikan gagasan atau info secara lisan ke barisan massa sebagai kegiatan penting, baik pada masa lampau atau pada masa yang akan datang. Seseorang yang telah mengusai bicara di muka umum akan secara mudah kuasai massa dan tawarkan ide-idenya agar diterima oleh seseorang.

Cara Membuat Pidato Singkat Tentang Pendidikan

Agar menyampaikan pidato secara baik, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, satu diantaranya text pidato. Saat menulis text pidato, Anda harus bisa mengutarakan atau sampaikan pemikiran, hati, ide, dan memberikan keyakinan pendengar berkenaan satu hal. Adapun cara yang bisa dilaksanakan untuk menyiapkan text pidato secara baik ialah seperti berikut:

• Pilih topik pidato.
• Kumpulkan bahan. Sesudah topik pidato ditetapkan, karena itu cara setelah itu cari info sebanyaknya atau seperlunya berkenaan topik itu.
• Membuat rangka text pidato. Pada umumnya text pidato terdiri dari lima sisi, yakni salam pembuka, pendahuluan, isi, penutup, dan salam penutup.
• Meningkatkan rangka pidato yang sudah dibikin supaya jadi sebuah rincian yang komplet dan detil dengan memakai kalimat yang pas dan efisien supaya gampang dimengerti pendengar.

Susunan Text Pidato

Susunan dari text pidato ialah satu hal yang penting jadi perhatian. Ada banyak susunan text pidato yang dapat membuat text pidato secara utuh dan berkaitan. Susunan text pidato ialah seperti berikut:

1. Salam Pembuka

Susunan yang pertama dari text dokumen pidato yakni salam pembuka. Salam pembuka berada di bagian awalnya dan jadi pembukaan pada suatu pidato.

Contoh dari salam pembuka dokumen pidato yakni seperti Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh, salam sejahtera untuk kita, selamat pagi, dan lain-lain.

2. Perkataan Penghormatan

Susunan ke-2 text pidato ialah perkataan penghormatan. Perkataan penghormatan itu umumnya dikasih ke petinggi tinggi yang sudah datang pada acara yang ada pada pidato itu.

Misalnya seperti yang sudah dilakukan dalam acara sekolah, ada banyak perkataan penghormatan yang dikasih ke kepala sekolah dan bapak ibu guru.

3. Perkataan Sukur

Sisi text pidato setelah itu perkataan sukur. Sisi itu umumnya berisi tentang rasa sukur sebab bisa bergabung bersama dengan beberapa peserta.

4. Isi Pidato

Isi pada pidato ialah sisi yang terpenting dalam pidato. Sisi itu berisi tentang ide, info, gagasan atau hal yang lain yang dikatakan ke orang yang datang. Sudah pasti isi pada text pidato benar-benar terkait dengan topik pidato.

5. Penutup

Pidato Susunan paling akhir dari pidato ialah penutup pidato. Penutup umumnya berisi ringkasan dan dituruti dengan salam penutup.

Sistem Pidato

Menyampaikan pidato ada 4 sistem, salah satunya yakni seperti berikut:

1. Impromptu

Impromptu ialah sistem langsung atau spontanitas yakni berdasar keperluan sebentar tanpa penyiapan yang masak atau cukup.

Sistem itu berdasar dari kekuatan dan kelihaian dari pembicara apa yang ada. Sistem itu umumnya dipakai pada kondisi yang tiba-tiba atau genting.

2. Memoriter

Memoriter atau sistem mengingat ialah satu sistem yang disiapkan dengan matang. Materi yang hendak dikatakan telah dihafalkan lebih dulu sebelumnya terakhir dikatakan ke beberapa orang.

Sistem itu umumnya dilaksanakan dalam acara pidato yang telah diperkirakan dengan baik sekali.

3. Sistem Dokumen

Sistem dokumen yakni dilaksanakan dengan cara membaca pidato yang telah disiapkan.

4. Sistem Ekstemporan

Sistem ekstemporan yakni dilaksanakan dengan cara memercayakan dari kekuatan si pembicara yakni dengan mempersiapkan beberapa poin dari dasar yang hendak diperkembangkan.

Panduan Saat sebelum Membaca Pidato

Mencuplik buku “Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku” oleh Atep Tatang, dkk, saat sebelum membaca text pidato dengan keras, coba beberapa langkah berikut lebih dulu:

• Baca text lebih dulu secara sepintas (skimming) untuk memperoleh info dasar dan info tambahan dengan cepat dengan mengidentifikasi kalimat, frasa-frasa, dan beberapa kalimat pokok.
• Teruskanlah dengan membaca cermat (close reading) dengan arah untuk pahami text seutuhnya, organisasinya, dan jalinan ide-ide bawahan dengan ide-ide khusus.
• Baca keras secara berkali-kali sesuai hasil pengartian pada beberapa langkah awalnya dengan memperhatikan suara suara, tempo, dan penekanan.

Penutup

Begitu pembahasan tentang cara membuat pidato singkat tentang pendidikan mudah-mudahan artikel di atas berguna untuk kamu semua

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *