Cara Membuat PDF di Word HP dan Laptop Dengan Sangat Mudah

  • Azzar
  • Okt 17, 2022

Cara membuat pdf di word hp – PDF sebagai salah satunya pola document digital yang dipakai sampai sekarang ini. Tidak cuma untuk kelompok karyawan saja, tapi PDF kerap dipakai oleh beberapa mahasiswa. Bila beberapa karyawan membuat PDF untuk membuat laporan, karena itu mahasiswa memakai PDF seringkali untuk pekerjaan dan membuat skripsi.

Jumlahnya orang yang memakai PDF karena pola file ini sangat mudah untuk dibagi ke seseorang. Apa lagi saat dibagi dan file ini dibuka, jadi tidak akan mengganti pola tulisan atau helai kerja yang sudah dibikin. File PDF ini mempunyai ukuran yang lumayan kecil, hingga tidak makan banyak memory pada piranti electronic, seperti smartphone, netbook, dan lain-lain.

Bukan hanya hanya itu, pola file PDF memiliki sifat portable yang maknanya pola file ini bisa dipakai di beragam mekanisme. Bahkan juga, kamu dapat membuka lewat browser. File PDF ini bisa juga dikasih satu code atau kode supaya keamanannya selalu terlindungi.

Walau demikian, tidak semuanya orang ketahui cara membuat PDF di Word hp. Untuk kamu yang belum ketahuinya tidak boleh cemas karena artikel ini akan mengulas selanjutnya mengenai pemahaman PDF sampai cara membuat PDF di Word hp . Maka, baca artikel ini sampai habis, ya.

Mengenai File PDF

Apakah itu PDF? Dikutip dari Wikipedia, PDF sendiri tidak lain sebagai ringkasan dari Portable Dokumen Pola yang digagas sebagai salah satunya pendukung dalam aktivitas, dimulai dari membuat document sampai mengubahnya. PDF ini sebagai istilah yang mengarah pada pola file yang dibikin oleh Adobe Systems untuk memudahkan dalam aktivitas transisi document secara digital.

Langsung, pola PDF ini diperuntukkan untuk membuat representasi file dua dimensi yang berisi huruf, text, garis, sampai vector . Maka, dengan memakai file PDF, pemakai akan makin mudah tukar document di antara yang satu dan yang lain.

Memang ada beragam tipe file dan ukuran yang bisa dipakai untuk simpan document, satu diantaranya ialah PDF. File berbentuk PDF sendiri sebenarnya semakin banyak dicintai karena ukuran condong lebih kecil, hingga tidak makan banyak ruangan penyimpanan.

Ditambah lagi, saat ingin di print, file ini tidak akan berbeda pola walau type Microsoft-nya berlainan. Bahkan juga, ada banyak kelebihan lain dari file PDF ini di antaranya ialah keamanannya lebih terjaga. Ini karena kita bisa memberi sandi pada file tipe PDF, Disamping itu, file PDF bisa dibuka di beragam tipe program reader PDF yang lain, bisa di-edit lewat program reader PDF dan PDF bisa kita membuka lewat computer atau handphone.

Di balik banyak keunggulan yang dipunyai oleh PDF sebagai pola document digital, masih ada beberapa orang yang ketidaktahuan dalam membuat file PDF. Khususnya untuk mereka yang cuma mempunyai knowledge base berkenaan bagaimana cara memakai computer, netbook, atau handphone.

Sebaiknya, supaya lebih mudah dalam membuat file PDF, kamu dapat meng-install beberapa program office yang bisa mendukung kamu saat membuat file PDF. Adapun beberapa aplikasi yang diartikan, seperti Microsoft Office, LibreOffice, dan WPS Office.

Tools untuk Membuat File PDF di Computer atau Laptop

Sesudah ketahui program yang bisa mendukung kamu dalam membuat PDF, karena itu kamu bisa pilih satu diantara ke-3 software yang sudah disebut awalnya. Seterusnya, baca dan turuti tutorial membuat file PDF pada masing-masing software yang sudah disebut.

Microsoft Word

Microsoft Word sebagai salah satunya program pengolah kalimat terkenal yang diperkembangkan dan dialokasikan oleh Microsoft. Dengan feature dan service yang ada, kamu bisa memakainya untuk beragam kepentingan yang terkait dengan document, misalkan saja saat kerjakan makalah, artikel, pekerjaan, laporan, sampai membuat file PDF.

Untuk membuat file PDF di Microsoft Word, jalannya sendiri sangat mudah. Kamu bisa membuat file baru atau buka document dengan Microsoft Word, lalu taruh document ini dengan pola PDF. Supaya lebih mudah pahaminya, baca dan turuti beberapa langkah di bawah ini.

Membuat File PDF di Microsoft Word seperti berikut:

1. Pertama kali, membuka software Microsoft Word.
2. Selanjutnya, isikan lembar bekerja sesuai dengan dengan keperluanmu
3. Apabila sudah, click menu File » dan tentukan Save As.
4. Seterusnya click Browse » dan tentukan tempat atau lokasi folder penyimpanan file. Di sisi “Save as tipe”, gantilah pola file jadi PDF (*.pdf) » dan click Save untuk menyimpan.
5. Proses pembikinan file PDF di Microsoft word juga Usai.

LibreOffice

Selainnya Microsoft Word, kamu dapat manfaatkan feature dari LibreOffice sebagai program alternative Microsoft Office dalam membuat file PDF. LibreOffice sebagai program perkantoran open source yang diperkembangkan oleh The Dokumen Foundation. Program ini ada untuk beragam mekanisme operasi terkenal, seperti salah satunya Windows, Linux, Mac, dan FreeBSD.

Lewat program ini, kamu dapat lakukan hal yang sama di Microsoft Office dengan gratis. Jalannya ialah seperti berikut:

1. Buatmu yang belum meng-install LibreOffice, unduh dan install dulu. Sesudah usai buat atau membuka document di program LibreOffice.
2. Pas pada halaman kerja LibreOffice, click menu File » Ekspor as » lalu tentukan Ekspor as PDF. Di sisi ini, kamu bisa atur halaman apa yang ingin jadi PDF atau kurangi kualitas gambar (JPEG compression atau Lossless compression). Apabila sudah, click
Ekspor. Ekspor File Word ke PDF LibreOffice
3. Kemudian, tetapkan folder lokasi penyimpanan yang mudah di akses selanjutnya berikan nama file PDF. Yakinkan di sisi “Save as tipe”, dipilih pilihan PDF atau Portable Dokumen Pola.
4. Click Save untuk simpan.

WPS Office

Hampir sama dengan program awalnya, WPS Office sebagai salah satunya program perkantoran alternative alternatif Microsoft Office yang hendak menolong pemakai dalam membuat document dengan gratis dan efektif.

Karena peningkatan dan penyempurnaan yang sudah dilakukan oleh Kingsoft Corporation, WPS Office bukan hanya ada untuk piranti mobile saja, tapi dapat digerakkan di beragam basis, sama dalam Windows, Mac, dan Linux.

Pada sebuah aplikasi program yang enteng ini, kamu dapat membuat bermacam tipe file seperti.docx,.xls,.ppt, dan.pdf. Untuk memakainya dan ingin mengganti file PDF, kamu dapat turuti panduan di bawah ini:

1. Awalnya, unduh dan pasang lebih dulu program WPS Office di PC atau laptomu kamu.
2. Seterusnya, buat document baru atau membuka document dengan WPS Office. Apabila sudah, click Menu » lalu pilih Ekspor to PDF. Ekspor to PDF – WPS. Ekspor file Word ke PDF.
3. Di bagian “Save path”, ganti jadi Kustom Direktori » lalu click kolom ke-2 untuk pilih lokasi penyimpanan.
4. Kemudian, click Ekspor to PDF kembali. Umumnya, pada file PDF yang sukses disimpan dan bakal tampil secara automatis.

Cara Membuat File PDF di HP atau Handphone

Untuk kamu yang tidak ingin repot memakai PC atau netbook, kamu dapat memakai handphone untuk membuat file PDF. Untuk membuat file PDF di HP, kamu bisa meng-install program office seperti Microsoft Word, WPS Office, atau Word to PDF Converter.

Microsoft Word

1. Pertama kali membuka program Microsoft Word
2. Selanjutnya, bukalah file yang ingin jadi file PDF.
3. Apabila sudah, ketok icon tiga di titik di sisi sudut atas kanan tentukan pilihan bagi sebagai PDF.
4. Seterusnya, gulir monitor ke sisi bawah, mencari File Manajer dan tetapkan lokasi penyimpanan. Usai.

WPS Office

Program WPS rupanya tidak terbatas untuk pemakai PC saja. Kamu dapat manfaatkan program ini di handphone di HP untuk membuat file PDF. Peranan program ini sendiri sama dengan pemakaiannya pada netbook, yakni satu diantaranya sediakan cara untuk membuat PDF dengan lebih cepat dan praktis.

Berikut di bawah ini ialah langkah-langkah membuat file PDF di handphone dengan memakai WPS:

1. Unduh program WPS pada Play Toko
2. Lantas, membuka program dan click icon “+” yang bisa kamu dapatkan di kanan bawah situs handphone.
3. Seterusnya, tentukan dan bikinlah document baru pada situs yang telah kamu tetapkan. Bila document sudah usai dibikin, kamu dapat segera simpan document itu.
4. Tentukan folder atau area untuk menyimpan, dan tukar nama document sama sesuai dengan kepentinganmu.
5. Paling akhir, pilih pola penyimpanan document jadi PDF.
6. Sesudah prosesnya usai, file document akan disimpan dengan pola PDF.

Word to PDF Converter

1. Membuka program Word to PDF Converter, lalu Tentukan File dan mencari file yang ingin dibikin jadi PDF.
2. Di bagian server, kamu bisa pilih pilihan “Windows Server” » selanjutnya pencet Convert Now!.
3. Selanjutnya, kamu bisa mengetok file di sisi “Output Files(s)” untuk mengambil document yang sudah diganti jadi PDF.
4. Sesudahnya, diarahkan ke situs browser, ketok Ambil dan Usai.

Adobe Acrobat

Kemungkinan kamu belum mengetahui jika ada cara tepat untuk membuat document PDF dari program. Nach, program terbaik yang bisa memberikan dukungan keperluanmu ini adalah Adobe Acrobat. Software yang ini dapat mengkonversi file Office, gambar, dan halaman situs jadi PDF berkualitas tinggi yang terlihat bagus di piranti apa saja.

Penampilan UI dan cara memakainya juga tidak susah, kok. Nach, supaya kamu tidak kebingungan, berikut cara ringkas untuk membuat file PDF dari program Adobe Acrobat.

1. Cara pemakaianya sangat mudah, cukup dengan buka Adobe Acrobat dan tentukan Tools > Create PDF.
2. Tentukan tipe file yang kamu harapkan menjadi PDF.
3. Selanjutnya, tentukan yang lain untuk diganti jadi PDF.
4. Click Create atau Next bergantung pada tipe file dan Turuti panduan untuk mengkonversi ke PDF dan taruh ke lokasi yang kamu harapkan.

Cara membuat file PDF Online

Seterusnya, kamu dapat membuat file PDF lewat cara online dengan kontribusi dari beberapa service situs apps office yang berbasiskan cloud dan situs alterasi file PDF. Ini j sebagai cara alternative yang sering dipakai oleh beberapa pemakai PC dan handphone.

ILovePDF

iLovePDF sediakan banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat dan mengubah file PDF dengan gratis. Lebih dari itu, kamu dapat menyatukan document dan mengkonversikannya. Untuk membuat file PDF di iLovePDF, kamu bisa mengkonversikan file Word ke PDF. Baca dan turuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Pertama, akses link berikut: ilovepdf.com/word_to_pdf.
2. Seterusnya, click menu Select WORD files lalu mencari lokasi penyimpanan file yang ingin diganti dan click Convert to PDF.
3. Nantikan proses alterasi sepanjang sesaat. Sesudahnya, click Unduh untuk menyaksikan hasilnya.
4. Proses usai.

SmallPDF

Sistem ke-2 , kamu bisa memakai feature konverter dari SmallPDF. SmallPDF ini sendiri hampir sama dengan service awalnya. Dengan SmallPDF kamu bisa lakukan beberapa hal yang terkait dengan file PDF, misalkan saja mengubah file PDF atau hapus halaman PDF lebih ringkas.

Disamping itu, kamu tak perlu keluarkan dana benar-benar bila cuma ingin mengkonversi file word ke file pdf. Cara alterasinya sangat mudah:

1. Pertama, akses link berikut: smallpdf.com/word-to-pdf.
2. Selanjutnya, tentukan Choose files dan tentukan file dengan pola Word » click Open.
3. Nantikan proses unggah dan alterasi dalam sesaat.
4. Apabila sudah, kamu bisa pilih Unduh untuk mengambil dan menyaksikan hasilnya. Usai.

Penutup

Tersebut cara membuat pdf di word hp dengan mudah yang memakai Microsoft Word dan program online yang lain, baik lewat PC atau handphone. Mudah-mudahan berguna ya!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *