Cara Membuat Kartu Keluarga Tanpa Surat Nikah

  • Azzar
  • Okt 27, 2022

Cara membuat kartu keluarga tanpa surat nikah – Nikah siri sebagai pernikahan di balik tangan yang tidak terdaftar sesuai ketetapan ketentuan perundang-undangan.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), nikah siri ialah pernikahan yang cuma dilihat dengan seorang modin dan saksi, tidak lewat Kantor Masalah Agama (KUA), berdasarkan agama Islam telah syah.

Meskipun secara agama syah, tetapi pernikahan yang tidak dicatat pada petinggi yang berkuasa dipandang tidak berkekuatan hukum.

Ini mengarah pada UU Nomor 1 Tahun 1974 mengenai Perkawinan seperti sudah diganti dengan UU Nomor 16 Tahun 2019.

Menurut undang-undang ini, setiap pernikahan atau perkawinan dipandang syah bila dilaksanakan berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing, dan dicatat menurut ketentuan perundang-undangan yang berjalan.

Tetapi, berdasar ketentuan yang ada, dapatkah cara membuat kartu keluarga tanpa surat nikah?

Apa pasangan nikah siri dapat membuat kartu keluarga?

Merujuk pada Ketentuan Presiden Nomor 96 Tahun 2018 mengenai Syarat dan Tata Cara Registrasi Warga dan Pendataan Sipil, pasangan nikah siri dapat membuat kartu keluarga (KK).

Tetapi, ada persyaratan khusus yang perlu dipenuhi dengan pasangan nikah siri atau dalam ketentuan ini disebutkan perkawinan yang belum dicatat.

Persyaratan itu, yaitu membuat surat pengakuan tanggung-jawab mutlak (SPTJM) perkawinan belum terdaftar.

Dalam ketentuan ini, SPTJM atas kebenaran data bisa dibikin untuk pasangan suami istri yang tidak mempunyai buku nikah atau cuplikan akte perkawinan atau bukti yang lain syah.

Ketetapan ini selanjutnya dipertegas oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai eksekutor masalah kependudukan dengan keluarkan Ketentuan Mendagri Nomor 108 Tahun 2019.

Kementerian Dalam Negeri juga sudah memperjelas pasangan nikah siri dapat ditempatkan ke satu KK. Ini untuk mensukseskan pencatatan semua warga lewat KK.

Maka dari itu, pasangan nikah siri bisa juga membuat KK, sama dengan pasangan yang sudah terdaftar dalam catatan negara.

Tetapi, sama sesuai pekerjaannya, Kemendagri cuma menulis sudah berlangsungnya perkawinan dan bukan menikahkan pasangan.

Nanti, status pasangan nikah siri dalam KK akan tercatat “kawin belum terdaftar”.

Cara Membuat Kartu Keluarga Tanpa Surat Nikah

Langkah awal yang perlu dilaksanakan pasangan nikah siri yang ingin membuat KK ialah isi formulir SPTJM yang disiapkan Disdukcapil.

Formulir itu harus diisi dan diberi tanda tangan oleh suami dan istri atau suami/istri, dan 2 orang saksi.

Saksi yang diartikan ialah orang yang menyaksikan atau ketahui terjadi pernikahan dan sudah mempunyai Nomor Induk KTP (NIK).

tahap selanjutnya sama dengan membuat KK secara umum, yaitu minta surat pengantar pembikinan KK baru ke RT di tempat dan distempel ke RW.

Lalu, bertandang ke kantor kelurahan di tempat untuk isi dan tanda-tangani formulir permintaan pembikinan KK dengan bawa syarat-syarat.

Syarat itu salah satunya surat pengantar dari RT/RW, SPTJM, dan Surat Info Berpindah Tiba untuk warga tiba.

Sesudah semua cara usai, Disdukcapil selanjutnya akan mengeluarkan KK untuk pasangan nikah siri.

Nach tersebut cara membuat kartu keluarga tanpa surat nikah , mudah-mudahan info di atas berguna untuk kamu semua.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *