Cara Membuat Grafik di Excel Dengan Banyak Data

  • Azzar
  • Okt 17, 2022

Cara membuat grafik di excel dengan banyak data – Sama seperti yang kamu kenali Microsoft Excel mempunyai banyak manfaat. Satu diantaranya yakni membuat grafik. Simpelnya grafik ialah wujud gambar berbentuk rangka yang yang bisa menolongmu dalam mendeskripsikan beberapa data.

Tapi seringkali sebagian orang masih ketidaktahuan saat disuruh untuk lakukan hal itu. Sebetulnya, cara membuat grafik di excel dengan banyak data mudah lho. Kamu tinggal ikuti beberapa langkah berikut, supaya menolongmu menuntaskan tugas dengan gampang.

Tetapi sebelumnya, kamu perlu pahami jika grafik tidak mempunyai sesuatu. Tiap grafik atau grafik mempunyai tipe yang tergantung pada wujud data yang ditempatkan. Maka dari itu, berikut beberapa jenis grafik yang ada di MS Excel, dimulai dari Excel 2007, 2010, 2013, sampai 2019.

• Column, ialah grafik yang berwujud grafik tangkai yang ke arah atas. Adapun pembagian dari memiliki bentuk yakni dengan kelompok di sejauh sumbu horizontal dan nilai(value) di sejauh sumbu vertikal.
• Bar chart ialah grafik dengan wujud grafik tangkai yang ke arah samping dan dipakai untuk mengilustrasikan perbedaan di di antara item-item individu. Dalam grafik bar, kelompok ditata di sejauh sumbu vertikal dan nilai(value) ditata di sejauh sumbu horizontal.
• Pie chart ialah grafik yang berwujud grafik lingkaran (kue) dan memperlihatkan nilai data berbentuk bagian(persentase).
• Line atau grafik garis ialah grafik dengan wujud garis dan tampilkan data secara terus-menerus dari hari ke hari pada sumbu yang diskalakan secara rata. Grafik ini umumnya dipakai untuk memperlihatkan trend data seperti pada bulan, kwartal, atau tahun.
• Tempat, ialah grafik yang dipakai untuk menganalisis jalur peralihan data dari hari ke hari. Dan bagan tempat pada grafik ini berperan memperlihatkan jalinan beberapa bagian keseluruhannya.
• Surface, sebagai grafik dengan wujud 3D dan permukaanya bermanfaat saat kamu ingin mendapati gabungan maksimal di antara dua kelompok data. Sama dalam peta topography, warna dan skema memperlihatkan tempat yang ada dalam range nilai yang serupa.

1. Tentukan data

Adapun langkah awal ialah pilih data yang ingin jadi wujud grafik. Umumnya kamu bisa pilih sisi dari tabel yang ingin jadi grafik. Misalkan pada gambar contoh di bawah, ada data penghasilan selamat 1/2 tahun awal. Bila kamu ingin masukkan semua data kamu tinggal memblok semua. Tetapi, bila kamu cuma ingin data tertentu kamu dapat pilih tabel dan kolom yang diharapkan.

2. Tentukan Insert dalam menu bar

Sesudah pilih data yang diharapkan, pilih insert yang ada di menu bar di bagian atas kiri. Nanti kamu akan menyaksikan icon dari beberapa macam grafik. Bila kamu ingin menyaksikan tipe grafik dengan jelas, kamu bisa pilih Recommended Charts.

3. Tentukan tipe grafik yang diharapkan

Bila kamu pilih Recommended Charts nanti akan ada halaman pop-up dengan beragam opsi grafik. Untuk menyaksikan opsi grafik selengkapnya kamu bisa pilih All Charts. Seterusnya akan ada semua tipe grafik yang ada di Ms Excel yang dapat kamu tentukan.

Disamping itu, kamu bisa juga pilih beragam jenis wujud atau model dari tiap-tiap tipe grafik. Dapat kamu saksikan pada gambar contoh di atas, ada beragam model dari tipe column.

4. Mengatur status grafik ke worksheet

Sesudah kamu pilih grafik yang pas, nanti grafik akan ada secara automatis pada worksheet. Tetapi, supaya tabel datamu tidak terusik, kamu perlu atur status dan ukuran. Adapun cara yang penting kamu kerjakan ialah arahkan cursor ke sisi grafik, selanjutnya click dan geser. Dan untuk mengganti ukuran grafik kamu dapat arahkan cursor di bagian pojok grafik dan menariknya.

5. Ganti judul grafik

Seterusnya kamu bisa juga mengganti nama atau judul dari grafik dengan mengeklik sisi tulisan yang ada di sisi atas grafik.

Mengganti wujud dan nilai pada grafik

Selainnya masukkan grafik ke worksheet, kadang untuk sebagian orang berasa ada sisi yang kurang pada grafik yang sudah dibikin awalnya. Maka dari itu, untuk kamu yang ingin mengganti, menambahkan, atau kurangi beberapa bagian yang ada di grafik, berikut sejumlah triknya.

1. Menambahkan komponen pada grafik

Komponen sebagai beberapa bagian yang bisa membuat grafik kamu jadi lebih detil seperti, garis tolong, angka pada tiap bar, dan yang lain. Untuk menambahkan atau kurangi komponen ini, kamu cukup mengeklik grafik dan secara automatis akan ada ikon (+) di sisi samping kanan. Nanti kamu tinggal menceklis komponen yang ingin ditempatkan atau ditiadakan.

2. Mengganti model dan warna grafik

Adapun cara untuk mengganti wujud penampilan grafik hampir sama dengan menambahkan komponen. Kamu tinggal mengeklik icon kuas di bagian samping grafik. Nanti akan ada bermacam-macam grafik pada opsi model dan opsi topik warna pada opsi colour.

3. Mengubah nilai grafik

Selainnya Mengganti topik, kamu bisa juga mengubah nilai atau nilai-nilai yang ada di grafik. Dengan mengeklik icon filter yang ada di samping grafik, kamu dapat untuk menambahkan atau hilangkan nilai. Misalnya kamu bisa menyaksikan gambar di bawah. Pada grafik, kamu dapat menyaksikan beberapa nilai seperti seri yang disebut nama bulan dan categories untuk nilai penghasilan /minggu. Misalkan dengan hilangkan ceklis pada ‘Pemasukan Minggu 3’, karena itu bar dan nilai ‘Minggu 3’ akan lenyap pada grafik.

Penutup

Bagaimana gaes? tidak susahkan. Tersebut cara membuat grafik di Excel dengan banyak data. Untuk kamu yang ingin tingkatkan kekuatanmu baik soft-skill atau hard-skill.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *